Tags

, ,

hiyahaha… Update blog dulu dah sambil ngerjain proyek kecil2an… :p

Kebetulan kali ini gue lagi bikin web sederhana tentang sekolahan… Nah pas bikin database terus bikin relasi antar tabelnya gue baru inget kalo gue belom pernah post ini di blog gue… Okeh, langsung aja dah ke inti permasalahan…

Misalkan kita mau membuat aplikasi sekolahaan… Kita butuh 2 tabel yaitu tabel siswa ama kelas (lho ko dikit jar?? Ya namanya juga contoh alias misalkan… :p). Liat gambar tabelnya kaya di bawah nih :

Nah keliatan kan relasi dari tabelnya?? Sekarang gimana caranya kita bikin relasinya di MySQL?? Oya buat yang belum tau manfaatnya relasi tabel gue kasih tau dikit dah. Gampangnya relasi tabel tuh berguna misal waktu kita ngedit atau ngerubah nama kelas di tabel kelas maka otomatis nama kelas di tabel siswa juga ikutan berubah, beda kalo kita ga make relasi…

Nah buat ngerelasiin tabel tentunya kita harus pake Foreign Key… Nah kalo di Storage Engine MyIsam default dari phpMyAdmin kaga bisa tuh pake Foreign Key (kalo gue ga salah :p) makanya buat bikin relasi kita pake Storage Engine InnoDB. Mari kita buat contohnya dengan mengikuti langkah berikut, hehehe…

Pertama bikin dulu databasenya… Misalkan gue bikin database dengan nama sekolah

Abis bikin database baru kita bikin tabelnya. Misal tabelnya gue bikin pake nama kelas ama siswa

Abis itu buat relasi di tabel siswa?? Kenapa harus di tabel siswa?? Karena tabel siswa merupakan tabel utamanya?? Darimana kita tahu tabel utamanya tuh tabel siswa?? Gampangnya sih tabel utama itu tabel yang ngambil data dari tabel lain. Contohnya kan kalo tabel siswa ngambil data kelasnya dari tabel kelas. :p. Sekarang masuk ke tabel siswa trus pilih struktur. Klik Tampilan Relasi.

Nah ntar tampil dah yang kaya gini. Perhatiin baris kelasnya.. Kolom Foreign Key nya diisi atau di relasiin sama kolom nama_kelas di tabel kelas karena kita ngambil datanya dari sono. Nah maksudnya ON DELETE CASCADE sama ON UPDATE CASCADE tuh jadi kalo misalkan data nama_kelas di tabel kelas dirubah maka data kelas di tabel siswa juga ikutan berubah, kalo data nama_kelas di tabel kelas dihapus, maka data siswa yang memiliki data kelas di kelas yang dihapus pun akan ikut terhapus.

Selesai deh merelasikan tabelnya… :p. Buat ngecek udah berhasil atau belum coba insert beberapa data di tabel kelas ama siswa. Misal gue ngisi data kelasnya pake X-1, X-2. Nah pas ngisi data siswa kalo emang relasinya udah berhasil harusnya muncul kaya gini. Jadi field kelasnya bakalan dimunculin sama combo box yang isinya data nama_kelas di tabel kelas. Okeh selamat mencoba!!!

