Tags

, , ,

Okeh… Udah lama ga nulis lagi nih… Lagi sibuk ngerintis perusahaan kecil-kecilan sih… hahay…
Berhubung ada yang request masalah login pake php, jadi gue mau bikin dah tutorialnya… (Ternyata ada juga yang baca blog gue… Gue kira cuma gue doang… :-P)

Okeh tanpa banyak ba bi bu… Kita langsung saja buat…

Kita bakalan pake XAMPP ya buat servernya… Jadi buat yang belum punya install dulu ya…

Gue anggap lu udah bikin form buat loginnya… Kalo belum coba lu cari form login pake animasi bikinan gue… :-p. Tapi kita ga bakalan lanjutin tuh tutorial ya, gue Cuma mau ngasih konsepnya. Buat implementasi ke form login Jquery kemaren silahkan lu oprek sendiri biar mantap..

Pastiin lu udah nyiapin databasenya…. Gue anggep lu udah pada bisa bikin database… Kalo ada yang kaga bisa atau belum belajar tentang database coba googling dulu dah… Banyak dah contohnya… Misalkan di sini ane bikin Database contoh ama tabel user (kolomnya ada username ama password)…

Abis itu kita bikin file koneksi.php buat ngehubungin php kita ama database kita… (kita pakenya MySQL). Contoh file koneksi.php


<?php
mysql_connect("localhost", "root", "password") or die("Error" .mysql_error());
mysql_select_db("contoh");
?>

Udah dapet dah file koneksi, sekarang kita tinggal bikin file php buat ngecek loginnya… Bikin kaya gini…


<?php
include "koneksi.php"; //menyertakan file koneksi.php

$pass=sha1(sha1(sha1(sha1(sha1($_POST['password']))))); //enkripsi password pake sha1
$username=$_POST['username'];
$login=mysql_query("SELECT * FROM user WHERE username='$username' AND password='$pass'");
$ketemu=mysql_num_rows($login);
$r=mysql_fetch_array($login);

// Apabila username dan password ditemukan (valid)
if ($ketemu > 0){

session_start(); // Untuk memulai session

// Daftarkan session ke server
session_register("namauser");
session_register("passuser");

// isi dari variabel session
$_SESSION['namauser']=$r['username'];
$_SESSION['passuser']=$r['password'];
header('location:home.php'); // Buka hal setelah login berhasil
}
else{
echo("Login gagal! username & password tidak benar<BR>");
echo("<A HREF=login.php>Ulangi Lagi</A>");
}
?>

Selesai deh… semoga membantu…. :-p

