Tags

, , , , , ,

Wah udah lama ga nulis lagi di blog ini… Maklum kemaren lagi kkn jadi saya ‘terjebak’ di sebuah desa yang susah sekali mendapatkan sinyal internet… Anyway it’s fun to be there, sekarang akhirnya saya malah kangen sama desa itu… 🙂

Oke back to the topic, kali ini kita akan bahas mengenai Mercury Mail Server. Awalnya emang lagi nyoba ngerjain proyek website yang punya fasilitas emailnya, otomatis buat tau email itu terkirim atau ngga kan kita perlu sebuah pengetesan… Alhasil karena koneksi internet ga bisa didapatkan seenak jidat (modem belum diisi, maklum mau lebaran jadi subsidi ke modem terpaksa dialihkan ke baju baru… :-P) akhirnya saya mencoba salah satu fasilitas mail server yang bisa dicoba secara local yang sudah ada alias dibundle di XAMPP. Mercury Mail lah solusinya…

Sempet bingung juga gimana cara make dan settingnya. Sayah cuma bisa jalanin si Mercury nya doang. Tapi begitu script php buat ngirim email saya run ternyata ada error. Ya ampun… Akhirnya saya cari2 juga di internet  dengan bantuan dari ‘you know who’, banyak juga informasi alias tutorial untuk men setting si Mercury ini. Coba tebak saudara-saudara kebanyakan dari tutorial yang bertebaran itu tidak membantu sama sekali… Tapi dengan sedikit kesabaran dan sedikit keisengan saya coba cari di Youtube dan akhirnya saya menemukan langkah pasti… Simak langkah2nya :

Pastiin kamu udah install XAMPP yang ada Mercury nya. Lalu start service Mercury nya dan pastiin statusnya Running seperti yang ditunjukkan gambar di bawah yang saya kasih lingkaran merah.

Abis itu klik tombol Admin (Lihat gambar di atas yang dilingkarin biru). Bakalan muncul Window kaya gini :

Berantakan ya?? Emang gitu si Mercury kalo pertama dibuka. Kalo pengen rapih silahkan klik Window terus pilih Tile.

Nah karena kita pengen ngetes Mail Servernya cuma secara local alias di Localhost kita doang. Konfigurasi yang lain tak usah dirubah. Sekarang kita hanya perlu merubah Protocol Modules di menu Configuration. Pastiin settingannya kaya gini…

Restart Mercury nya ya….

Oke sekarang kita tinggal bikin akunnya aja… Pilih Configuration – Manage Local User – Pilih Add untuk menambahkan.

Sekarang kita udah punya deh akun mail di localhost.

Buat ngetes akun yang kita buat tadi, coba bikin akun baru di Mail Client (Saya pake Thunder Bird). Setelah itu klik tombol Create Account.

Akan muncul tampilan peringatan tentang security karena password mailnya dikirim tanpa enkripsi (CMIIW). Cukup ceklis aja I Understand The Risk, karena kita hanya pake di localhost aja.

Oke, akun berhasil dibuat sekarang tinggal ngetes udah bisa dijalanin atau belum nih mail server. Ngetesnya pake file php sederhana aja ya… Nih contoh filenya (saya kasih nama email.php)  :

<?php
	$kepada = "ganjar@localhost";
	$subjek = "Tes Email";
	$dari   = "from: admin@saranglebahinformatics.com";
	$pesan  = "Tes kirim email ke server email di komputer lokal. https://ganjarramadhan.wordpress.com";

	$kirim_email = mail($kepada,$subjek,$pesan,$dari);

	if($kirim_email){
  		echo "Email berhasil terkirim.";
	} else {
		echo "Email tidak terkirim.";
	}
?>

Udah tau kan gimana cara jalanin skrip php di localhost. Ya udah sok jalanin skripnya. Misal kalo saya nyimpennya di http://localhost/tutorialganjar/email.php

Sekarang coba buka email clientnya (Thunderbird). Buka inbox akun yang tadi dibuat. Dan ternyata ada email masuk… 🙂

Sekian tutorial kali ini… Oiya….

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir Batin Ya…..

