Tags

, , , ,

Selamat pagi, siang, sore dan malam semuanya… 🙂

Ah sialan.. udah nulis sejam lebih abis itu ilang gitu aja tu tulisan… terpaksa ngulang lagi nulis dari awal…

Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai MacBuntu, MacBuntu merupakan sebuah software atau aplikasi yang bisa membuat tampilan Ubuntu kita yang sedikit angker menjadi seksi seperti tampilannya MacOSX. hehehe…

Gimana sih cara ngerubahnya. Download dulu MacBuntu 10.10 di http://sourceforge.net/projects/macbuntu/files/ . Lho tapi kan itu buat Ubuntu 10.10, Saya kan udah pake yang 11.04??? Ya mau bagaimana lagi, file terbarunya juga cuma MacBuntu 10.10, tapi tenang aja MacBuntu 10.10 bisa kita ‘paksakan’ untuk diinstal di Ubuntu 11.04 dengan sedikit modifikasi tentunya,,,

Pertama, ekstrak file yang tadi didownload. Setelah itu buka file install.sh nya pake gedit atau teks editor lainnya… Coba temukan skrip :

# See the GNU General Public License for more details.

UBUVER=”10.10″
UBUNTU=”Ubuntu $UBUVER”

Lalu ganti dengan :

# See the GNU General Public License for more details.

UBUVER=”11.04″
UBUNTU=”Ubuntu $UBUVER”

Jangan lupa untuk menyimpan ulang file nya…

Kedua, install MacBuntu dengan mengklik 2 kali file install.sh lalu ikuti petunjuk selanjutnya. (Akan lebih baik jika kamu terkoneksi dengan internet, soalnya MacBuntu akan mendownload beberapa file baru). Setelah selesai silahkan restart komputer kamu… MacBuntu telah berhasil di install.

Jangan lupa mengecek Compiz masih berjalan atau tidak karena pada kasus saya Compiz tidak berjalan semestinya setelah menginstall MacBuntu. Periksa juga menu Animations di ccsm, jika menu tersebut hilang (disable) maka dapat dipastikan Compiz tidak berjalan dengan semestinya.

Ketiga, untuk memperbaiki Compiz yang di disable kita hanya harus menginstall ulang Compiz dan semua plugin-pluginnya…

Remove Compiz dengan cara sudo apt-get purge compiz

Remove juga plugin-plugin Compiz yang kamu install.

Jangan lupa restart lagi komputer kamu…

Keempat, install lagi Compiz tadi beserta plugin-pluginnya termasuk CCSM, Compiz Fusion Icon, dll. Setelah itu cek menu Animation di CCSM pastikan sudah tidak disable lagi. Setelah itu pastikan juga efek animasi Compiz berjalan dengan baik.

Jika efek animasi belum berjalan, coba buka Compiz Fusion Icons, maka akan muncul icon Compiz Fusion di panel. Klik kanan pada icon tersebut dan pilih Reload Window Manager maka efek animasi compiz akan aktif.

Kelima, agar kita tidak direpotkan dengan harus mereload Compiz Fusion Icon maka kita harus buat agar Compiz Fusion Iconnya dijalankan atau direload pada saat Startup. Caranya :

Klik System -> Preferences -> Startup Applications.

Tambahkan Compiz dengan cara mengklik tombol Add. Lalu isikan data yang diminta sesuai dengan gambar :

Jangan lupa memberikan tanda ceklis seperti aplikasi lainnya…

Selesai deh… Compiz sudah bisa berdampingan dengan MacBuntu…

Advertisements