Tags

, , , , ,

Kesempatan kali ini saya akan menulis tentang bagaimana cara menginstall jdk 7 di Ubuntu… Bagi sebagian orang yang belum terlalu familiar dengan Ubuntu mungkin akan agak sulit untuk melakukan proses instalasi aplikasi atau program… Jadi tutorial (kalo emang bisa dibilang tutorial) kali ini saya dedikasikan untuk semua orang yang baru mengenal Ubuntu dan java… ceilah gaya banget dah… 😛

Langkah 1, download arsip jdk dari website Oracle di sini. Jangan lupa untuk menerima ketentuan/persetujuan yang diminta oleh Oracle.

Plih sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan, dalam kasus saya saya memilih Linux x86 – Compressed Binary (Karena saya menggunakan Ubuntu 11.04 32bit). Tunggu sampe proses download selesai…

Langkah 2, ekstrak file arsip jdk yang kamu download tadi sehingga akan didapat folder jdk1.7.0

Langkah 3, buka terminal dan pindahkan folder jdk tadi ke /usr/lib/jvm dengan mengetikkan perintah

sudo mv /direktori/tempat/jdk/jdk1.7.0/ /usr/lib/jvm

Langkah 4, cek ada berapa alternatif pilihan java yang kamu punya di Ubuntu kamu

sudo update-alternatives –config java

Langkah 5, install alternatif baru ke Ubuntu kamu

sudo update-alternatives –install /usr/bin/java java /usr/lib/jvm/jdk1.7.0/jre/bin/java 3

perhatikan angka 2 yang saya cetak tebal dan diberi warna biru, angka tersebut merupakan index yang belum digunakan di daftar alternatif pilihan java yang kamu miliki. Jika kamu memiliki 2 alternatif di Ubuntu kamu maka beri angka 3 pada command di atas.

Langkah 6, atur kembali konfigurasi java mana yang akan kamu gunakan di Ubuntu kami dengan cara mengetikkan comand

sudo update-alternatives –config java

karena jdk7 ada pada index ke 2 maka saya akan pilih 2 lalu tekan enter.

Langkah terakhir, silahkan cek versi java yang kamu gunakan di Ubuntu kamu dengan mengetikkan :

java -version

Selamat jdk 7 sudah terinstall di Ubuntu kamu!!! 🙂

 

