Tags

, , , , , , , ,

Judulnya asik ye… Library Java seorang newbie… menjual banget dah…

Oke sesuai judul, kali ini saya mau post sebuah library atau file jar buatan saya yang berisi method-method yang berguna yang sering saya pake kalo saya lagi buat program. ya emang ngga banyak juga methodnya, tapi ya lumayan lah… hahaha…

Oke yang pertama ada JFrame yang saya custom (cuma tambah satu metgod doang biar JFramenya bisa langsung ditengah… hehehe)

yang kedua ada buat memfilter input ke textfield supaya cuma bisa diinput karakter aja, angka aja ataupun panjangnya berapa…

Udah cuma dua itu aja… (gaya banget yang kaya beginian aja dipost… :-P). Ya daripada blognya sepi kan yang kecil2 ya saya post aja. Insya Allah biarpun librarynya cetek tapi bisa bermanfaat ko… πŸ™‚

Temen2 bisa download Librarynya di sini.

Ini cara pake, ganti JFrame kamu sama frame utilities. Jadi kamu bisa ngeset frame kamu biar tampil ditengah-tengah layar monitor dengan mudah. cukup panggil this.setToMiddle(); Contohnya :

public class TestForm extends FormUtilities {

    /** Creates new form TestForm */
    public TestForm() {
        initComponents();
        this.setToMiddle();
    }
}

Nah kalo mau filter input juga gampang. Bikin form aja kaya biasa… Isi yang bisa difilter cuma JTextField sama JTextArea ya… Ini contoh source code nya :

public class TestForm extends FormUtilities {

    OnlyDigit oD = new OnlyDigit();
    OnlyLetter oL = new OnlyLetter();

    /** Creates new form TestForm */
    public TestForm() {
        initComponents();
        this.setToMiddle();
        filterTextfield();
    }

    private void filterTextfield(){
        // memanggil fungsi filter digit atau angka, bisa dipake di JTextField ataupun JTextArea
        txtDigit.setDocument(oD.getOnlyDigit());

        // memanggil fungsi filter huruf, bisa dipake di JTextField ataupun JTextArea
        txtHuruf.setDocument(oL.getOnlyLetter());

        // memanggil fungsi filter angka hanya 10digit, bisa dipake di JTextField tidak di JTextArea
        txt10Angka.setDocument(oD.getOnlyDigitLimitedTextField(10, txt10Angka));

        // memanggil fungsi filter huruf hanya 10huruf, bisa dipake di JTextField tidak di JTextArea
        txt10Huruf.setDocument(oL.getOnlyLetterLimitedTextField(10, txt10Huruf));
    }
}

Untuk JTextArea juga gampang. ada method getOnlyDigitLimitedTextArea(int, JTextArea); atau getOnlyLetterLimitedTextArea(int, JTextArea);

Nah sekian dulu… Kalo ada yang mau ditanyain, komen aja dibawah. Atau kalo mau lebih enak lagi follow aja twitter saya atau add Facebook saya! πŸ™‚

